August 14, 2017

Tips Memperbanyak Kosakata Anak

Kemarin saya silaturahim ke rumah Ibuk, nemu majalah parents edisi lama. Ternyata ada artikel yang pas banget sama kondisi sekarang. Si Kecil memang lagi proses memperbanyak kosakata. Tiap saya dan orang sekitar ngomong langsung ditiru. Dari majalah itu saya temukan tips memperbanyak kosakata anak. Yakni dengan membacakan buku. 

Kenalkan anak dengan buku sejak dini, pilih buku dari kain dulu. Saya sarankan buku bantal karena empuk bila digigit Si Kecil. Kalau dirobek kainnya lembut tidak bikin tangan sakit. Mudah dicuci dan cepat kering.Alhamdulillah Hilyah dikasih kado Buku Bantal Doaku Hari Ini sama Ukhti Novi Ummu Alfatih. Meski belum ngerti doa, saya sudah bacakan sejak dia suka dengan kertas. Saya tau dia suka kertas saat melihat brosur umrah, langsung dilihat terus, diremas sampai dirobek. Bila dikasih kertas atau tisu langsung disuwir kecil-kecil.


Setelah Si Kecil mampu membawa buku sendiri, ganti dengan bacakan boardbook. Sekarang saya gak bisa sembarangan naruh buku. Sudah saya taruh di almari saja, Si Kecil ngambil lalu diangkat, dibaca, mulutnya komat kamit, katanya amim amim. Tiap buka buku dia bilang gitu, dikira Al Qur'an kali ya hihi....

Saat membacakan buku, posisi Ibu duduk dekatkan dengan kepala Si Kecil. Agar terjalin ikatan Ibu dan Anak. Bila sudah punya anak lebih dari satu, disarankan baca bersama-sama. 

Kemarin Budhe juga ingetin saya supaya ngajarin banyak kosa kata biar gak diem aja. Anak saya termasuk kategori aktif gak mau diem kalau di rumah. Tapi di tempat baru dia emang banyak diam nya. Kalau saya pancing ngobrol, baru mulai ngoceh. Seperti pas pamitan tadi sore. Dia saya tunjukkan orang yang sedang mancing. Lalu dia langsung bilang ancing berkali-kali. Emang gitu kalau dapet kata baru.

#ODOP #BloggerMuslimahIndonesia

No comments:

Post a Comment