August 18, 2017

Biar Kuat Upacara

Saat SD saya bisa merasakan setiap posisi petugas upacara. Bukan karena bergilir, tapi saya sering ditunjuk guru dan gak bisa nolak. Biasanya sih dapet bagian paskibra, dirigen atau pembaca UUD 45. Yang paling gak bisa dilupakan itu saat ditunjuk jadi pemimpin upacara. Sekuat tenaga teriak KEPADA SANG SAKA MERAH PUTIH HORMAAAT GRAK! suaraku seperti tercekat di tenggorokan. Grogi. Gak jelas kedengeran. Selanjutnya saya gak ditunjuk lagi jadi pemimpin upacara.

Mulai SMP sampai SMA, tugas saya tidak pernah berubah dari paduan suara. Yang paling berat saat dapat tugas paduan suara di alun2 Pati. Selain karena lebih panas, juga durasi upacara lebih lama. Teman2 banyak yang gak kuat hingga pingsan. Saat lihat teman pingsan, suka kepikiran kok saya gak bisa pingsan meski udah keluar keringat dingin. Setelah dewasa baru sadar kalau kondisi saya sehat jadi tidak mudah pingsan.

Biar kuat upacara sarapan yang bergizi dulu. Jangan lupa minum susu. Gunakan pelindung panas. Pilih tempat yang adem. Biasanya yang dekat pohon rindang, jadi dapet udara segar. Kadang saya ngantongin permen atau coklat. Biar mulut gak kecut. Kantongin minyak kayu putih bila merasa pusing. Tekuk kaki secara berkala. Berdiri terlalu lama bisa bikin kram otot kaki.

#ODOP #BloggerMuslimahIndonesia

No comments:

Post a Comment