August 03, 2017

Nutrisi Alami Untuk Ibu Hamil

Berhubung saya alergi produk kimia, maka sering konsumsi obat herbal. Banyak sahabat yang nanyain herbal buat ibu hamil. Maka saya posting nutrisi Alami Untuk Ibu Hamil.

Zaitun dan madu
Referensi dari Bu Bidan Syar'i Asih untuk trimester satu konsumsi minyak zaitun dan madu. Karena biasanya sistem pencernaan ibu hamil terganggu. Minyak zaitun dan madu + air hangat bisa meredakan kembung. Serta melancarkan buang air besar. Pada trimester ini boleh minum habbatussauda sedikit saja. Karena bisa memicu kontraksi jadi diminum kalau merasakan sakit atau seminggu 2x. Bila punya sakit maag sebaiknya habbatusauda dicampur zaitun dan madu. Agar sifat panasnya menjadi dingin.

Kurma dan kismis
Selain herbal tersebut, Ibu hamil musti rajin konsumi kurma, kismis. Nutrisi alami untuk asupan zat besi. Karena biasanya Ibu hamil memiliki hb rendah. Sementara syarat hb minimal 11+. Rekomendasi Ukhti Novi minum jus buah bit setiap hari juga bisa membuat hb normal. Daging dan hati ayam/sapi sebaiknya dikonsumsi secara berkala tapi sering. Misal seminggu 1-2x. Kalau keseringan bisa bikin sembelit. Kalau jarang konsumsi nutrisi tersebut, Hb bisa turun lagi. Karena memang sifatnya naik turun tergantung makanan yang dikonsumsi. 
Ps. Perbanyak porsi kurma dan kismis saat trimester akhir

Telur Ayam Kampung
Suatu saat Nina temen kosku chatting nanya kabar saya. Saya bilang lagi hamil muda dalam kondisi bb bayi dan ibu di bawah normal semua. Lalu dia kasih tips minum air tajin ditambah telur ayam kampung. Oya temen2 jangan khawatir makan telur mentah menyebabkan kolesterol buruk naik atau bisa kena virus. Air tajin mendidih dicampur telur yang sudah kocok, sudah bisa membuatnya matang. Malah saya pernah dikasih tau pak Khomeini dari Malaysia, dia biasa minum telur ayam kampung yang hanya ditaruh sendok lalu dihangatkan di atas air saja. Gak sampai sepuluh menit katanya udah siap dimakan. Telur itu tidak kita makan sendiri kan, kita bagi dua sama debay. So..jangan takut kolesterol. Buat penyeimbang rajin konsumsi buah2an.

Kalau Sahabat masih ragu telurnya tidak matang, silahkan makan telur yang direbus. Saran dari Ukhti Hanifa yang pernah kursus kehamilan, makan telur ayam kampung setiap hari. Kalau gak ternak ayam sendiri rada repot cari ayam kampung. Saya makan kalau nunggu ayam bertelur aja, itupun BBku udah naik sepuluh kg hihi....Debay pun lahir dengan berat 2.9 kg, padahal sampai trimester 7 BBnya masih kurang dari normal. 

Daun Katuk dan Daun Singkong
Dua sayuran ini yang paling sering saya konsumsi selama hamil. Daun katuk nutrisi alami terbaik untuk ASI. Agar setelah bayi lahir, ASI sudah siap. Normalnya usia kandungan 7 bulan ASI sudah keluar meskipun masih bening. Daun singkong untuk menormalkan tekanan darah dan hb.

Buah Apel Ijo
Saya sering makan buah apel ijo. Mengandung antioksidan yang bisa menetralkan racun. Bagus untuk nutrisi kulit ibu dan bayi.

Air Zam Zam
Alhamdulillah selama hamil saya bisa minum 1x. Dikasih Budhe yang baru pulang umrah. Kalau Sahabat sudah tau kan khasiat air ajaib ini. Darahku saat berangkat umrah masih merah gelap, pulangnya udah keliatan merah cerah. Terlihat saat bekam sebelum dan sesudah umrah. Masya Allah luar biasa ya. 

Susu Kambing
Saat Pak Khomeini tahu saya biasa minum susu kambing, beliau komentar susu kambing bagus buat nutrisi ibu hamil. Orang sana (Malaysia) yang lagi hamil suka minum susu kambing. Supaya kadar bilirubinnya normal.

Hmm...apalagi ya?
Kalau ada tambahan lagi, silahkan Sahabat tambahkan di kolom komentar ya. 
Moga bermanfaat ^^

#odop
#BloggerMuslimahIndonesia

No comments:

Post a Comment