August 10, 2017

MPASI Sebelum 6 Bulan, Bolehkah?

MPASI Sebelum 6 Bulan, Bolehkah? boleh asaaaaal...pake gaya Teh Indi Baren #eh
Iya boleh asalkan bayi Anda masih nangis, meskipun sudah sering minum ASI. Ini karena sindrom ASI kurang. Biasanya tipe bayi growth spurt (percepatan pertumbuhan bayi). Setiap 1 jam sekali sudah menyusu tapi masih nangis karena merasa lapar. Seperti anak saya kadang belum sampai 1 jam sudah mau nenen. 

Iya boleh asalkan berat badan bayi stagnan atau bahkan turun. Sebelum disuapin sudah konsultasi dengan Dokter dan diperbolehkan dengan syarat tertentu. Saya pribadi sudah konsultasi dengan Budheku mantri RSU Soewondo Pati dan dukun bayi. Diperbolehkan asal makanan encer seperti susu. Anak siap makan terlihat ketika mau buka mulut saat disuapin dan gak muntah. 

Awalnya kami suapin bubur instan, pisang ijo atau pepaya. Karena sembelit jadi berhenti diganti bubur beres encer. Ternyata setelah baca di grup Homemade MPASI, emang pepaya tinggi serat sehingga bikin sembelit. Berhubung anak saya demen banget makan pepaya California, jadi emang MPASI ini lebih sering diberikan ketimbang bubur instan. Ditambah Ayahnya punya pohon pepaya sendiri, jadi ya gitu deh lebih hemat hehe....

Sebenarnya kalau Bundanya sanggup menyusui tiap 1 jam sekali. Bolehlah ASI doang. Itu berarti musti rajin makan dan minum. Makan makanan booster ASI aja buah, sayur, bubur kacang ijo. Kalau biasanya minum sehari minimal 2 liter. Ini minimal 3-4 liter per hari. 

#ODOP #BloggerMuslimahIndonesia

No comments:

Post a Comment