August 07, 2017

Resensi Buku Pintar ASI dan Menyusui

Buku Pintar ASI dan Menyusui

Buku Pintar ASI dan Menyusui merupakan buku panduan lengkap bagi Ibu Menyusui. Semua tentang menyusui dan ASI dari prakelahiran hingga masa menyapih dibahas secara rinci. Buku ini ditulis oleh Dr. Maharani Bayu, sudah 4 tahun lebih beliau jadi konselor laktasi.

Semua masalah seputar ASI dan menyusui dibahas satu per satu berikut solusinya. Saya menemukan beberapa solusi atas masalah yang saya hadapi. Pertama anggapan orang sekitar bahwa ASI saya kurang. Disebutkan dalam buku ini bila bayi pipis minimal 6x berarti ASI cukup. Lalu kenapa BB anak saya hanya naik 1/2 ons, bulan berikutnya malah turun. Ternyata masalahnya pada perlekatan yang kurang sempurna. Bayi aktif menyusu tapi tidak memerah sekitar area aerola.

Saya baru tahu busui tetap boleh menyusui meski sedang sakit flu. Terjadinya penularan penyakit saat menyusui sangat minimal. Tipsnya gunakan masker saat menyusui. Mengingat penularannya melalui saluran pernapasan Ibu ke bayi. Justru asupan non asi membuat bayi mudah tertular penyakit. Karena antibodi yang didapat bayi kurang optimal.

Bagi orangtua yang menghadapi masalah bayi kuning, buku ini bisa dijadikan referensi solusi yang baik. Inti pesannya jangan hentikan menyusui atau jangan menghentikan pemberian ASI. Sangat salah jika Ibu menghentikan menyusui, lalu mengganti dengan susu formula. Sebagian besar penyebab bayi kuning karena bayi tidak cukup mendapat ASI. Sehingga membuat bilirubin yang ada dalam usus bayi terserap kembali, tidak terbuang lewat BAB. Jika bayi mendapat cukup ASI, ada kandungan laksatif atau pencahar yang membantu kelancaran BAB bayi. Disebutkan 8 solusi, diantaranya cukupi ASI bayi dengan berbagai cara, susui bayi dengan perlekatan yang benar, bayi tidur bersama Ibu agar lebih sering bereaksi untuk menyusui.

Buku ini juga menawarkan solusi bagi Ibu bekerja. Dijabarkan secara rinci cara menajemen ASI perah. Ada cara memerah ASI dengan tangan. Cara menyimpan serta memberikan ASI perah ke bayi. Disarankan tidak menggunakan botol susu tetapi menggunakan cup feeding. Hal ini dilakukan agar bayi tidak bingun puting. Ada cara mengatasi bayi bingung puting bila Ibu kembali bekerja setelah cuti melahirkan.

Selain masalah seputar ASI dan menyusui, buku ini juga membahas tentang mpasi, tips traveling dengan Si Kecil, sapih (weaning with love. 

Bagi orangtua baru yang masih bingung bagaimana cara menyusui, saya rekomendasikan baca buku ini. 

Judul Buku : Pintar ASI dan Menyusui
Penulis : Dr. Maharani Bayu
Penerbit : Pandamedia 
Tebal : 192 hlm

PS. Makasih banyak buat Ukhti Novi Khansa. Ini salah satu kado terindah yang saya butuhkan. Moga toko bukunya makin sukses berkah melimpah ya. Aamiin

PPS. Penting nih. Mohon pertolongan Allaah agar dikaruniai ASI cukup selama 2 tahun. Serta mohon agar dimudahkan saat menyusui. Penting lagi nih pesan dari Sahabat surgaku usahakan agar menyusui langsung karena perintah Allaah menyusui bukan memberi susu. Makan dan minum sebelum menyusui.

#odop #BloggerMuslimahIndonesia




2 comments:

  1. Wah masya Allah, terimakasih untuk resensi nya kak.. ^^

    ReplyDelete
  2. Sama-sama, Ukhti Aisyah. Makasih udah berkunjung ke sini lagi

    ReplyDelete