December 10, 2007

Nina Bobo untuk Bayi bo...

Tips ini saya dedikasikan kepada ibu2, bapak2, calon ibu dan calon bapak. Meskipun saya belum resmi menjadi seorang ibu, tapi tips ini ada karena pengalaman saya momong adik sepupu. Bukannya sok dewasa, atau sok tua, cuma mo berlagak jadi baby sister aja. Hahaha
Mengapa bayi yang belum bisa bicara, selalu menangis jika minta sesuatu.

Ada 4 indikasi yang menyebabkan itu, yakni:

  1. Bayi itu lapar
  2. Bayi itu sedang ngantuk
  3. Bayi itu lagi sakit
  4. Bayi itu dalam kondisi yang tidak nyaman, misal dia lagi pup / pepsi [red: ngompol], dia gerah, kepanasan [red:sumuk]. Ini neh...screen shot kalau balita lagi bete, minta dimandiin [waduh .... porno aksi ya].

Agar bayi bisa terlelap, 4 kondisi diatas jangan sampai ia rasakan. Kalau dalam kondisi No 1 & 2 kasih dia ASI / susu botol sambil digendong, ditimang - timang, di goyang-goyang kanan kiri, dinyanyiin tembang jawa [red:dikudang]. Tembang2 yg biasa untuk ngudang antara lain:


"Tak lelo lelo lelo legung...dede Fais mau bobo" {Ni lagu sapa ya ga tau... pernah denger dinyanyikan oleh Waljinah ya}." Dendangkan dengan suara altomu nan lembut sampai ia terlelap dipelukanmu. Atau gini "Ala tunthang ndut en ndut en thung... tunthang ndut en thung, tunthang ndut en ndut en. {Ciptaan tante Iin}." Nyanyikan beberapa kali dengan nada ngebit. Dijamin bayi itu nggak akan tidur-tidur, tapi malah triping. Pernah lihat bayi triping ngga? Dijamin ketawa ngakak kalau bisa lihat, apalagi klo lagu diatas dinyanyikan dengan tempo yang sesingkat-singkatnya, pasti kepalanya akan geleng-geleng sampai berkali-kali bersama kepakan tangannya yang ga berhenti-berhenti. Ah.... mungkin hal itu cuman dilakukan adik sepupu saya yang imut, cute 'n lucuuuuuuuuuu... banget.

Jika bayi itu dalam kondisi 3, bawa ke dokter anak dunk. Secepatnya jangan sampai telat. Soalnya daya tahan anak berbeda-beda. Ada yang tetep kuat 'n tersenyum meski sakit. Ada yg menangis mengiris-iris ulu hati. Halah ... sotoy
Jika bayi itu dalam kondisi 4, cek dulu kalau pup / pepsi ya... dibersihkan dulu. Kalau kepanasan bawa dia ke ruangan ber-AC atau dikipasi. Dengan catatan suhu AC diatas 16 derajat, yg penting sejuk ruangannya, jangan dingin-dingin. Kata Dokter kasihan saluran pernapasannya kalau suhunya terlalu dingin. Jika mau mengipasi, jaraknya jangan terlalu dekat. Kalau dia merasa gerah, berkeringat, dilap dulu pakai tisu basah, kasih bedak, ganti pakaiannya dengan bahan tipis [red:singlet]. Atau sekalian dimandikan biar fresh. Kalau sudah enak pasti dia akan mudah terlelap. Tinggal ditaruh di bed / kasur atau apalah, trus di elus-elus dahinya, kasih susu, pasti lama-lama dia terlelap. Beda lagi kasusnya adik sepupuku, sudah dielus-elus, dikasih susu masih aja guling-guling di bed, kalau seperti itu mending kita biarkan aja, yang penting dijaga. Kalau dah capek guling-guling, paling2 tertidur pula.
Yach... itulah tips konyol dari saya, smoga bermanfaat.











No comments:

Post a Comment