February 19, 2012

Cara Membuat Novel - Bagus Itu Harus

Bagus itu harus, laris itu keberuntungan.Itu mars kelas novel dari Mas Sakti Wibowo (penulis skenario sinetron KCB) yang menjadi mentor kelas peminatan novel FLP Jakarta. Novel yang dihasilkan harus bagus. Agar saat terbit tidak mengecewakan pembaca. Novel pertama itulah yang akan menentukan apakah pembaca kita menunggu novel berikutnya atau justru melupakan karya kita karena kecewa. Karena tuntutan bagus itulah, teman-teman dituntut bersabar melalui revisi demi revisi. Dari tahun 2010 sampai sekarang, novel saya masih berupa kerangka. Itupun masih revisi lagi karena dramitakanya belum terbentuk.

Menulis novel bisa dimulai dari BAB mana saja. Tapi sebaiknya jangan memakai mahzab air mengalir. Dengan cara menulis apa saja yang melintas di kepala seperti sebuah bangunan yang tidak kuat, konflik kurang kuat. Kelemahan mahzab air mengalir menyesuaikan mood sehingga alurnya cempreng saat mood jelek.

Cara pembuatan novel di kelas kami antara lain :
1. Membuat sinopsis sampai will nya kuat
2. Membuat design karakter sampai karakter tokoh t dan berfungsi
3. Membuat plot/storyline/jalan cerita. Harus sudah muncul pembagian BAB
4. Dalam satu BAB harus ada satu kejadian besar dan menentukan targetnya apa
5. BAB dibagi lagi menjadi poin-poin yang akan diulik dramatikanya. Menyusun dramatiknya secara keseluruhan.
6. Menulis novel dengan memilih diksi terbaik


Pastikan tidak ada BAB atau alur yang sia-sia. Alur diatur sedemikian rupa sehingga saat alur turun, muncul alur lain atau dramatik lain. Sehingga pada saat membaca terasa arusnya deras sehingga tidak ingin menutup novel. Pada akhirnya alur akan menyimpul.

SINOPSIS merupakan ringkasan novel yang fungsinya memberi gambaran, ringkasan yang menyeluruh dari cerita. Dalam sinopsis harus ada will, hambatan, timeline, surprise ending.

WILL merupakan ambisi ingin mendapatkan atau menghilangkan sesuati. Tokoh utama harus memiliki will yang kuat. Will boleh dari tokoh lain untuk menyanggah jika dramatisasi turun. Untuk membentuk sebuah dramatik harus ada halangan atau konflik. Kita menemukan konflik dari sesuatu yang menghambat. Sebuah dramatik akan naik / menegangkan kalau ada konflik. Maksimal ada tiga konflik. Hindari konflik yang sejajar karena membosankan. Konflik harus bertingkat. Yang paling penting buka cerita dari titik tang paling dekat dengan will. BAB juga dimulai dari titik terdekat dengan will.

TIME LIMIT / TIME LINE (waktu yang membatasi)

Harus ada sesuatu yang membatasi apabila will itu tidak sampai. Kalau dibiarkan akan meledak.

SURPRISE ENDING

Ending yang mengejutkan tidak terpikirkan. Ketika cerita menggiring pembaca ke tempat tertentu tapi ternyata endingnya ke tempat lain. Cerita harus menuduh orang lain.

DESIGN KARAKTER
Buat tiga design karakter : tokoh utama, antagonis, tokoh pembantu. Tujuan dibuat tiga design karakter agar kita tahu secara detail, sehingga tidak akan membuat karakter dialog yang seragam. Kalau tidak memahami karakter yang kita buat, karakternya menjadi blur. Cara berbicara, cara merespon itu berbeda.

Buatlah daftar kolom karakter. Fisiknya seperti apa (tinggi badan, rambut dll) sampai bisa
Melukiskan di benak. Kolom karakter harus lebih panjang dari deskripsi fisiknya. Jelaskan apa yang ditakuti tokoh, hal yang paling diinginkan, paling tidak disukai. Kita harus mengenali detail tokoh itu. Tempat-tempat yang disukai untuk menyepi, ekspresi saat sedih.
Hendaknya tokoh satu mendifinisi dengan tokoh lainnya.Ajak tokoh bicara dalam imaginasi. Hidupkan tokoh itu sehingga saat kita menulis tokoh itu ada di samping kita. Rata-rata novel Indonesia tidak langsung larut dalam will tokoh. Tokoh tidak saling mendefinisikan.

Cara menggali karakter
Dengan bantuan benda misalnya buku, botol minum dll. Misalnya : karakter buku hanya mencatat, ingat kejadian lama dengan detail, pintar, ingatannya tertukar-tukar, blur, campur aduk. Karakter angin : tidak menyukai panas,hiperaktif,tidak bisa menetap, mudah bergerak.Buatlah tokoh antagonis yang berlawanan dengan protagonis. Kalau protagonis dermawan, antagonis pelit, pamrih. Berfungsi memperjelas atau menghalangi sehingga bisa menaikkan konflik (dramatis)

Kami pernah menyelami karakter seseorang di taman Surapati. Kita lihat satu orang, mencoba menggali sejarah orang tersebut. Mengenali karakternya. Mengira-ngira apa pekerjaannya.

Dokumentasi di taman surapati.



Saya yakin, cara yang saya sebutkan di atas hanya secuil dari ratusan cara membuat novel. Semua tergantung penulisnya, pakai cara apapun yang penting hasilnya bagus.

Selamat menulis!

12 comments:

  1. Terima kasih mba Mimin. Ini benar-benar masukan yang berharga buat pecinta tulis menulis. Hanya saja kalau saya menemui kesulitan membuat alur cerita yang wajar dan tidak dibuat-buat atau tidak dipaksakan.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama-sama David.Ambil alur dari kisah nyata,lalu difiksikan.
      Biasanya alur dari kisah nyata lebih natural dan menyentuh.

      Delete
  2. Anonymous7:33 PM

    Terima kasih kak! Awalnya saya udah utus asa mbuat novel karena kata temen ceritanya ngebosenin dan karakternya banyak yg enggak jelas ^^

    ReplyDelete
  3. terima kasih ilmunya :)

    ReplyDelete
  4. Anonymous5:53 PM

    ilmunya sangat membantu ^^

    ReplyDelete
  5. Anonymous11:50 PM

    terima kasih ilmunya..
    lalu, kalau ingin di selingi percakapn. kira2 prcakapn yang gimana?

    ReplyDelete
  6. thank U mb....
    ijin copas ya...humm

    ReplyDelete
  7. Anonymous9:23 AM

    makasih ya infonya, sebab karya tulis saya yg selama ini saya umpetin kelihatannya bisa 'berguna' ya

    ReplyDelete
  8. makasih infonya, jadi mood lagi buat nulis..

    ReplyDelete
  9. Anonymous2:02 PM

    infonya membantu, hanya ingin menambahkan, mungkin karakter tiap2 tokoh dapat dibantu juga melalui dari mana asal daerah,atau negara mana ia berasal,karena kebiasaan2 tiap2 daerah yang menjadi ciri khas mereka dapat membantu menggambarkan si tokoh tersebut seperti apa karakternya.

    ReplyDelete
  10. Anonymous10:30 AM

    terkadang saya bingung memulai menulis plot atau karakter dulu, mohon penjelasan lengkapnya, hehe

    ReplyDelete
  11. terima kasih atas informasi yang telah di berikan dalam web ini sangat bermanfaat bagi saya

    ReplyDelete