January 25, 2008

You must read !!!!


Lunas sudah hutangku tuk baca 3 novel tetraloginya Andrea Hirata. Novel pertama Laskar Pelangi tamat 1 hari. Dapat info novel ini justru dari orang yang gitu suka novel. Saya yg notabene suka baca novel malah ga tau. Dan dah kuputuskan untuk memiliki, ga mo minjem lagi. Sayang kalo novel yang sebagus ini ga masuk daftar koleksi buku-buku aku. Lebih sayang lagi kalo dah tau da novel bagus tapi ga mau baca, ga mau usaha pinjam. Saya tegaskan jangan pinjem, beli aja ya, dijamin puas dah. Baru sadar ternyata penderitaanku cuman seujung kuku jika dibandingkan dengan penderitaan 10 laskar pelangi. Saluuuut to mereka. Yang jelas saya bisa ketawa bersama mereka. Kutemukan guyonan2 cerdasnya Andrea Hirata. Ada duka, ada canda dan ketawa, adapula cinta disana. Sungguh karya yang luar biasa bagi seorang penulis baru di Indonesia.


Novel ke-2 "Sang Pemimpi". Meski halamannya lebih tipis dari Laskar Pelangi, tapi saya butuh waktu seminggu tuk menyelesaikannya. Parah sekali kan. Makhlum sibukers. Novel ini bisa membuatku tidak berhenti tuk bermimpi. Yeah ... pokoknya Mimin banget dah. Suka banyak mimpi-mimpi. Semoga kekuatan mimpiku mampu memperkuat karakterku. Kata2 dari Si Arai yang harus kita pegang adalah:
"…kita tak punya apa-apa kecuali semangat dan mimpi-mimpi, dan kita akan bertempur habis-habisan demi mimpi-mimpi itu!"
"Tanpa mimpi, orang seperti kita akan mati…"
"…kita tak akan pernah mendahului nasib kita!"
"Kita lakukan yg terbaik di sini! Dan kita akan berkelana menjelahi Eropa sampai ke Afrika!" "…apapun yg terjadi!" Dalem banget kan.

Novel ketiganya "Edensor" pertama nyebut salah mulu. Endesor endesor gitu, saya pikir bagian terakhir jadi diambil dari kata end. Ternyata itu sebuah nama tempat yang indah. Bersama novel ini saya telah dibawa Andrea Hirata berkelana keliling Eropa. Pengin ...., Dengan baca novel ini bener2 serasa di Eropa sana. Kapan ya Mimin bisa kesana bersamanya. Hahaha

Saking terobsesinya, novel ini tak bawa kemana-mana, mpe halamannya pada lepas semua. Kalo dah tau you harus baca. Kata Ms Dedi "harus beli" ~kekeke. Pokoknya nggak nyesel dah bisa memiliki novel 3 tetralogi ini. Novel terbaru nya "maryamah Karpov", bentar lagi beli. Isinya tentang wanita versi Andrea Hirata. Tetap semangat tuk berkarya Bung Andrea!!!

No comments:

Post a Comment