March 31, 2009

Let's Go Global Community



Belajar ke Negeri Belanda merupakan langkah awal menuju Komunitas Global. Tentunya langkah yang paling awal adalah berani mencoba ikut kompetisi blog study di Belanda. Setiap blogger yang memiliki mimpi study ke Luar Negeri pastilah mengikuti kompetisi ini. Tentunya tak berharap banyak bisa meraih gelar juara, mengingat peserta yang ikut kompetisi ini banyak sekali. Just a lucky one who get this award.


Dengan belajar di Belanda, pastinya secara otomatis kita sudah masuk dalam komunitas global. Coba kita telaah kutipan berikut ini :

Laporan Times Higher Education Supplemen mencatat hampir 90% universitas Belanda berada dalam peringkat 200 universitas teratas.” demikian Marrik Bellen, Direktur Neso Indonesia.


Jika kita bisa menjadi pelajar salah satu Universitas di Belanda, tentunya kita tak hanya mengenal orang luar negeri dari di dunia maya saja, tapi bisa bertatap muka, bertukar pikiran, sharing kebudayaan masing-masing. Ataupun sekedar memperlancar kemampuan Bahasa Inggris pada umumnya dan Bahasa Belanda khususnya. Meskipun hanya menyapa Hallo Meneer, Hoe gaat ahet? Jika kalimat tersebut bisa terucap langsung dengan orang Belanda, tentu kan terasa beda. Karena kita praktek berbicara langsung dengan pelajar di Universitas Belanda yang masuk dalam peringkat 200 universitas teratas. Pronounciation kita secara otomatis akan terkoreksi.


Mari berimaginasi di dalam sebuah ruang kelas yang didalamnya ada berbagai macam manusia dengan latar belakang yang berbeda. Dengan asal Negara yang berbeda pula. Sedangkan kita tak cukup fasih berbahasa Belanda. Sebaiknya kita berbekal kemampuan Bahasa Belanda. Dengan anggapan bahwa orang yang belajar di Belanda, sedikit banyak pasti sudah tahu Bahasa Belanda. Lalu dengan logat jawa yang masih kental, saya coba angkat bicara "spreekt hier iemand Engels? Mendengar kalimat yang baru saja keluar dari mulut saya, tentunya mereka hanya tertawa. Karena Bahasa Belanda nya sudah bercampur logat Jawa. Dan saya pun mulai panik setelah mereka bilang "Ik spreek geen Engels." Kakiku lemas dan serta merta saya terdiam seribu bahasa.


Jangan khawatir jika kita tidak bisa berbahasa Belanda. Imaginasi di atas tidak akan terjadi, karena sebagian besar penduduk Belanda bisa berbahasa Inggris. Bahkan kata teman chatting saya yang asli Belanda "semua penduduk Belanda bisa berbahasa Inggris." Bahasa sehari-hari yang mereka gunakan adalah Bahasa Inggris. Jadi kunci agar bisa memasuki komunitas global adalah mampu berbahasa Inggris.


Sayangnya tidak mudah untuk bisa belajar di Belanda. Berikut petikan chatting dengan Mr. Danny.

Saya : Can U tell me about it?
Dia : Yes, but its not easy
Dia : You need to apply for an exchange program
Saya : How to apply for an exchange program
Dia : Well, via Universitas Indonesia
Dia : They have some programs with utrecht en hague university
Dia : U have to contact UI
Saya : Ok, thx


Mungkin akan lebih mudah jika kita memenangkan kompetisi blog study di Belanda :).
Yang jelas kemanapun kita ingin belajar, Bahasa Inggris adalah modal utama. Untuk itu belajarlah Bahasa Inggris dengan baik, jika sudah siap, bolehlah bilang "Let's Go Global Community."

Tot ziens

2 comments:

  1. kalo mau ke prancis jangan coba-coba pake bhs inggris soalnya mereka banyak yang nggak tau atau nggak mau tau soal bhs inggris. hehehe

    ReplyDelete
  2. Iya, di Taipei juga jarang yg tau B. Ing

    ReplyDelete