March 10, 2009

Cara Ngebebasin Ruang Hardisk



Bisa dibilang ini cara kuno, tapi bisa jadi kalian baru ngerti kayak saya hihihi...,
berkat masukan dari Kang Prof, hardisku sedikit agak lega.
Dari 62.7 MB jadi kurang lebih 300 MB.


Aku : Prof dr tadi Ms Excel ku kok not responding te
rus ya
Aku : emang memory nya dah penuh sih
Aku : mk ny jd lemotz gini
Prof : kekekeke

Prof : ya klo hd udah full emg jadi lamban
Aku : da yg comment di blogku cara me resize file

Aku : pake tuneUp utility ya
Aku : aq blm coba sih

Prof : maksudnya meresize?
Prof : ngecilin ato mecah file?
Aku : bukan cuman meresize file or mecah file aja
Aku : bs ngecilin & gedein kapasitas file

Aku : di Hdd
Aku : dl org IT pernah sih, tp ga tau pake itu pa ga
Prof : ngedein kapasitas file?
Aku : doh salah
Prof : emg tipe filenya apaan?
Prof : klo office kliatannya gak bisa digedein deh

Prof : tp klo tipe multimedia (eg. mp3 ato jpg) emg bisa
Aku : ow klo mp3 pake diet mp3 kan, klo tu dah tau aku
Aku : smua jenis file je
Aku : pa yg jpg ja ya

Prof : ngegedein file office?
Prof : emg buat apaan?
Prof : bukannya malah nambah beban hardisk

Aku : loh ya ga di gedein lah...di kecilin gt bro...
Aku : biar Hdd nya ga pnuh2 amat
Prof : wo.....
Prof : maksudnya ngebebasin ruang hardisk ya?

Prof : gampang kok, coba pake bawaan windows aja
Prof : buka windows explorer, klik kanan drive yang akan dibebaskan.
Prof : pilih properties
Prof : trus centang compress drive.....

Prof : tunggu prosesnya.... nah jadi deh
Prof : sebenerya, yang terjadi adalah dilakukannya kompresi pada file2 yang ada di drive tsb
Prof : jadi... karena diipadatkan ato dikompresi, maka ruang ardisk akan terasa loggar
Prof : OK kah?
Ok ini sudah saya coba, sempat error tapi langsung saya cancel coz prosesnya memang lama hampir 3 jam.


Aku : trus...nasib file nya ga da masalah kan
Aku : OK dah ntar tak coba
Aku : thx...klo berhasil tak posting base on this chating

Prof : Insya ALLOH file aman2 aman aja kok
Prof : ato klo mau bisa dinonaktifkan sysemrestorenya trus di disk clean-up deh
Prof : jadi lega....





1 comment:

  1. wooot...wah g ada yg mesra mesra iwk......hahahahahhaha

    ReplyDelete