October 26, 2008

Mengajar dan Belajar Blog


Pic. by Udey
Hari sabtu tanggal 25 Oktober 2008, komunitas blogger semarang Loenpia.Net bersama komunitas jejak langkah telah mengadakan pelatihan blog di perpustakaan diknas senayan. Pelatihannya dibagi menjadi 2 sesi pagi dan siang. Jumlah peserta untuk sesi pertama 10 orang, 5 orang mundur. Dimulai + jam 09.00 WIB s/d 12.00 WIB. Pelatihan sesi pertama cukup lancar karena sebagian besar pesertanya sudah memiliki account gmail. Karena kita pake layanan blogspot jadi peserta diwajibkan memiliki account gmail. Dilanjutkan sesi kedua + jam 12.30 s/d 14.30 dengan peserta sebanyak 12 orang, 3 orang mundur (data dari mbak Ari Asih kom. JL). Sesi kedua agak berat karena pesertanya lebih banyak dan sebagian besar tidak punya ID gmail. Dan terpaksa di tutup karena perpus diknas tutup jam 14.00. Tujuh panitia dari Loenpia.Net antara lain Mbak Wiwikwae, Mbak Kianaza, Nilla, Mimin, Udey, Ivan, Adam, Ragil. Kalian semua hebat. Jempol papat dah.
Kebetulan sekali peserta yang saya pandu cieee…pada sesi pertama bernama dwi a.k.a Wiwik, sesi kedua pun bernama Wiwik jadi sehari bertemu 3 orang Wiwik :D. Wiwik yang sesi pertama bertanya Gimana kalo ingin tambah foto yang di ambil dari flash disk. Saya coba mengajar tapi akhirnya saya justru belajar hahaha..., Ya saya jawab musti di copy dulu di hardisk padahal nggak harus. Karena belum detect jadi si Dwi kebingungan. Usut punya usut ternyata laptopnya pake linux. Si ubuntuers Udey dengan sigap membantu. Sebenarnya saya tau dey cuman kalah cepat aja he...ngeles. Malu sama sertifikat atuh...Dulu mas Fai pernah ngasih tahu kalo mo copy file caranya cp/lokasi file/file.ext/lokasi flashdisk. Tips kalo filenya banyak untuk meminimalisir resiko error copy bisa dengan cara cp-rf/folder/file.ext/folder tujuan. Adapun perintahnya /mnt/sda1 atau /mnt/hdax.
Pertanyaan si Dian di sesi kedua yaitu dia sudah download file template blogspot tapi bingung naruhnya. Dengan gaya sotoy saya di copy aja mbak trus paste di edit html. Eh..ternyata ga well-formed. Lho kok gini mbak. Oh cari aja template baru mbak. Setelah dicari dapat file zip. Mesti di extract dulu. Ketika saya ngajarin Wiwik si Dian iri “Lho kok pilih kasih gitu sih”. Ye…kan gantian mbak...Jawabku. Si Wiwik sempat bingung cari nama buat blognya. Yang lain dah pada posting dia masih mikir nama apa yang tersedia dan di sukainya. Sedangkan Nilla ngajarin sampe lay out. Selain karena waktu terbatas, juga dikarenakan porsi training gmail dari Udey terlalu over. Satu lagi trik nakal dari Udey yang saya baru tahu yaitu gimana cara filter email dari orang yang kita tidak harapkan. Yakni mark forward it isi alamat emailnya pengirim. Jadi otomatis emailnya balik ke pengirim. Wkwkwkw….Trus apa fungsi labs di gmail. Kalo dijelaskan bisa puanjang neh.
Setelah pelatihan selesai kita foto bareng, dilanjutkan meeting (ghaaayaaaa bangeets). Terus makan siang di Pondok Suryo Beger (Red. Bebek Goreng Surabaya) di Senopati telp. 7393358). Inilah saat-saat yang paling menyenangkan ya…Makan gretongan bikin ketagihan. Kapan ada pelatihan blog lagi *ketagihan. Sebelum pulang kita mampir ke Wetiga weleh…dekat banget ma kosku. Tapi berhubung Wetiga belum buka saya pulang saja. Nggak ikut nobar dah.

11 comments:

  1. PERTAMAX!

    kamu juga jempol min, salut buat kamu

    ReplyDelete
  2. Anonymous1:04 AM

    kok potonya mbak mimin malah ga ada???

    ReplyDelete
  3. Anonymous1:18 AM

    loh min itu foto yang makan2 km kok ga ada?

    ReplyDelete
  4. @ Memble: ada fotoku kok tapi, dr pd kelamaan aku upload jd ya itu dl.
    @ Munif: Ya kan posisiku dekat Udey yg ambil foto Nif. Ntar tak ganti deh

    ReplyDelete
  5. Anonymous11:03 AM

    min itu yg pake jaket setrip putih siapa min ?!?!?! manis!!! hahahaha~

    ReplyDelete
  6. Anonymous4:18 AM

    wah potone agak blureng min

    ReplyDelete
  7. thx atas pujiannya dan salam kenal juga, tapi ternyata blog punya mbak jauh lebih bagus dari punya saya yang baru pemula ini... I'll keep an eye on you

    ReplyDelete
  8. Anonymous6:23 PM

    mengapa harus punya Gmail, kan bisa pakai yahoo mail.

    terima kasih atas komentar anda di blog Pameran Jakarta, semoga nanti Indonesia Japan Expo tidak terlalu ramai.

    ReplyDelete
  9. @ Mas Didut: Tanya Ivan aja, dia yang ngajarin.
    @ Mas Hars: Blureng po ireng he..., emang brightness nya tak tambahi.

    ReplyDelete
  10. That applies to a blockade in time of war only. Again, if Israel fomally wishes to declare war, that alters the game. Short of that, it doesn’t help.

    ReplyDelete
  11. Thank you very much for your continously post of effective tips.

    ReplyDelete